LVOV - Teka-teki ini berukuran lebih dari 30 meter dan menjadi penutup dinding luar sebuah bangunan hunian bertingkat di kota Lvov.

Petunjuk, atau pertanyaan mendatar maupun menurun tersebar di seluruh landmark dan pusat daya tarik utama kota, termasuk taman, air mancur, dan bioskop.

Pengunjung didorong untuk mengumpulkan dan memecahkan semua pengunjung selama jalan-jalan akhir pekan, memberi kesempatan untuk melatih otak begitu pula kaki.

Meski kotak-kotak silang--yang terdiri 19 kotak mendatar, dan 34 kotak menyilang--terlalu besar untuk diisi dengan tangan, para warga tak perlu khawatir, sebab sejumlah seniman telah mempersiapkan cara tak terduga untuk memampangkan jawaban.

Ketika malam tiba, huruf fluoresens yang ditempatkan di setiap kota akan dinyalakan, mengungkapkan jawaban keseluruhan teka-teki dalam pendar cahaya.

Si perancang dan pemerintah kota berharap mereka yang mencoba memecahkan teka-teki akan mendatangi apartemen setiap malam untuk mencocokkan apakah jawaban mereka benar atau tidak.

Teka-teki silang ini memang sengaja diciptakan untuk menarik turis di dalam kotak, namun bagi para penggemar yang hanya kenal huruf alfabet sebaiknya berpikir dua kali jika tertarik melancong ke Lvov gara-gara teka-teki itu. Pasalnya huruf yang digunakan adalah alfabet Krilic, yang kerap dipakai dalam penulisan bahasa negara-negara Eropa timur seperti Rusia.

Kota Lvov sendiri terletak jauh di barat Ukraina, dekat perbatasan Polandia. Kota itu memiliki tradisi kebudayaan tinggi dengan orkestra pilharmoniknya sendiri, plus pertunjukkan opera dan balet. Pusat kota bersejarah ini ditetapkan Unesco sebagai situs warisan budaya dunia pada tahun 1998.