Hacker Juga Serang Ponsel

Rabu, 15 Oktober 2008 - 17:05 wib


SAN FRANCISCO - Selama ini hacker yang merupakan predator internet, sering menyerang komputer dengan berbagai virus yang mematikan, sehingga tidak sedikit pengguna komputer yang mengeluh PC nya sering mengalami kerusakan. Ternyata, belakangan ini, para hacker tidak hanya menyerang PC, tetapi juga pada ponsel.

Mungkin saat ini sebaiknya pengguna harus memberi keamanan ekstra pada ponsel. Pasalnya sebuah penelitian di Georgia Techologi mengungkapkan bahwa para hacker telah menyerang para pengguna ponsel. Hal ini, terjadi karena kemajuan ponsel sekarang, yang mendukung koneksi internet atau aplikasi web pada ponsel, menyebabkan ponsel tersebut rentan terkena hack.

Menurut hasil penelitian dari Georgia Techologi terungkap bahwa hacker bisa menyerang saat anda menerima atau mengirim data melalui layanan internet. Karena seperti PC, data-data yang dikirimkan tersebut bisa saja mengandung virus yang mematikan.

Jika sudah terinfeksi oleh hacker, para pemangsa internet ini biasanya dapat membuat baterai cepat rusak, dan membunuh perangkat keras dari ponsel tersebut. Apalagi jika ponsel tersebut tidak dilindungi oleh fasilitas antivirus, semakin mudahlah virus tersebut membobol ponsel anda.

"Itu merupakan kesempatan yang sempurna untuk hacker," ujar Patrick Traynor, asistan Profesor Ilmu Komputer di Georgia Technologi. Seperti yang dikutip dari Associated Press, Selasa (15/10/2008).

Traynor menambahkan bahwa sangat kecil untuk saat ini bagi hacker menjadikan ponsel sebagai target utama. Tetapi, kemungkinan terbesar serangan hacker pada ponsel terjadi pada saat pengguna internet mengunduh suatu program melalui internet di ponsel.

Mungkin mulai saat ini anda harus berhati-hati dalam menggunakan internet melalui ponsel, karena bisa jadi itu menjadi pintu masuknya hacker. (srn)
Image and video hosting by TinyPic